Home » Laravel » Cara Instal Laravel di Localhost Windows dengan Composer

Cara Instal Laravel di Localhost Windows dengan Composer

Jurnal MMS – Selamat datang di blog catatan saya ini, jika kamu sedang atau ingin belajar framework Laravel mulai dari awal, mungkin kita dapat belajar bersama-sama disini. Ke depannya saya ingin berbagi catatan saya selama belajar Laravel dari nol hingga (sedikit) bisa membuat project dengan Laravel. Tapi sebelumnya, kita berkenalan dulu dengan Laravelnya.

Pengertian Laravel

Apa itu Laravel? Bagi kamu yang sedang berkecimpung di dunia pemrograman web terutama dunia PHP, mungkin Laravel tidak asing bagi kamu. Laravel adalah framework PHP yang saat ini sangat populer dan banyak sekali penggunanya, baik itu di Indonesia maupun di seluruh dunia. Laravel adalah sebuah framework atau kerangka kerja dalam bahasa PHP yang dirancang untuk membantu pekerjaan developer dalam pembuatan project sehingga pekerjaan menjadi semakin mudah dan cepat. Fitur-fitur yang dimiliki Laravel dapat membantu aplikasi kita menjadi lebih cepat, aman dan mudah digunakan.

Laravel dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011. Sama seperti kebanyakan framework lainnya, Laravel juga menggunakan design pattern MVC atau Model-View-Controller. Pada saat posting ini ditulis, Laravel sudah mencapai versi 7. Dalam setiap rilisnya, banyak kelebihan yang dibawa Laravel, seperti penulisannya yang ekspresif,  jelas, fiturnya yang banyak dan masih banyak lagi.

Karena menggunakan model MVC, jika sudah pernah menggunakan framework lain seperti CodeIgniter mungkin tidak akan terlalu pusing. Model MVC dalam Laravel memang agak sedikit berbeda dengan kebanyakan framework lain yang pernah saya temui, tapi jika sudah terbiasa pasti tidak akan kesulitan.

Yang diperlukan untuk menginstal Laravel

Dalam blog ini kita akan menggunakan Laravel versi terbaru, yaitu Laravel 7. Jika kamu sudah pernah menggunakan Laravel dari versi-versi sebelumnya, sebenarnya hanya tinggal menyesuaikan sedikit saja. Tetapi disini kita akan coba mempelajari Laravel 7 mulai dari awal.

Sebelum menginstal Laravel, kita perlu tahu apa yang kita perlukan. Dalam posting ini kita akan menginstal Laravel di komputer lokal atau localhost dengan sistem operasi Windows (saya menggunakan Windows 8.1). Jadi, apa saya kebutuhan yang diperlukan untuk menggunakan Laravel?

  • PHP >= 7.2.0
  • BCMath PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • JSON PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Daftar diatas adalah kebutuhan yang perlu kita siapkan. Dalam hal ini saya menggunakan XAMPP versi 7.4.1, dan sudah memenuhi semua kebutuhan diatas tanpa perlu tambahan atau konfigurasi tambahan lagi.

[Baca: Download dan Install XAMPP di Windows dan Cara Menggunakan XAMPP]

Menginstal Composer

Satu hal lagi yang perlu kita ketahui, Laravel menggunakan Composer untuk mengelola dependesinya. Jadi pastikan kamu sudah memiliki Composer di komputer kamu, jika belum, silahkan baca posting berikut terlebih dahulu: Cara Install dan Menggunakan Composer di Windows.

Setelah Composer terinstal, barulah kita bisa memulai menginstal Composer. Dengan Composer, kita bisa menginstal Laravel dengan lebih mudah dan cepat. Kita tidak perlu mendownload source code Laravel, tetapi cukup dengan menjalankan beberapa perintah saja.

Note: Dalam instalasi ini kita akan mendownload Laravel menggunakan Composer, jadi pastikan kamu terhubung dengan internet sebelum memulai.

Cara Instal Laravel Menggunakan Composer di Windows

Untuk mulai menginstal, silahkan buka CMD atau Command Prompt di laptop, caranya dengan menekan tombol Windows + R. Setelah terbuka sebuah kotak dialog, ketikkan “cmd” pada kotak inputan yang ada, kemudian klik OK.

Command Prompt untuk Instal Laravel
Gambar 1. Terminal untuk menginstal Laravel

Setelah itu akan terbuka sebuah jendela Terminal atau Command Prompt.

Terminal instal laravel
Tampilan awal Terminal / Command prompt

Dalam posting ini kita akan menginstal laravel pada folder xampp\htdocs seperti biasa. Untuk menginstal di folder tersebut, kita harus masuk ke folder htdocs melalui terminal. Caranya ketikkan perintah seperti berikut:

cd c:\xampp\htdocs

Kemudian tekan Enter.

Terminal login ke htdocs
Masuk ke htdocs melalui Terminal

Setelah berhasil masuk ke folder htdocs, kita akan menginstal Laravel dengan Composer, caranya sangat mudah hanya perlu mengetikkan perintah berikut:

composer global require "laravel/installer"

Kemudian tekan Enter. Setelah itu Composer akan mulai mendownload Laravel dan menginstallnya. Prosesnya akan memerlukan waktu beberapa menit, tergantung koneksi internetnya. Silahkan tunggu sampai selesai dan tampil seperti berikut:

Hasil Composer Instal Laravel
Installasi Laravel dengan Composer

Jika terdapat tampilan seperti diatas, maka artinya Laravel sudah berhasil kita instal. Setelah berhasil menginstal Laravel, selanjutnya kita akan membuat project baru dengan Laravel.

Cara Membuat Project dengan Laravel

Membuat project dengan Laravel juga sangat mudah dan cepat, kita hanya perlu mengetik beberapa perintah di terminal, dan sebuah project bisa kita buat dengan cepat dan mudah.

Kembali lagi ke terminal dan ketikkan perintah berikut:

laravel new blog

Berikut penjelasan perintah diatas:

  • laravel adalah perintah untuk menjalankan perintah dari laravel
  • new adalah perintah untuk membuat project Laravel baru
  • blog adalah nama project yang akan kita buat. Jadi nanti akan terbuat sebuah folder baru di htdocs dengan nama “blog“, dimana di folder itu kita akan membuat project Laravel kita. Silahkan sesuaikan blog dengan nama project yang ingin kamu buat.

Tunggu sampai proses selesai. Jika baru pertama kali mungkin memakan waktu sampai 1 atau 2 menit, tapi untuk selanjutnya biasanya akan lebih cepat. Setelah beberapa saat, maka akan tampil tampilan seperti berikut:

Membuat project Laravel baru
Membuat project baru dengan Laravel

Sekarang coba buka folder C:\xampp\htdocs (sesuaikan dengan folder instalasi kamu), disana akan ada folder baru dengan “blog”, itulah folder project Laravel kita, dimana kita akan ngoding Laravel di folder itu.

Folder blog dalam htdocs (laravel)

Jika sudah ada folder tersebut, itu artinya Laravel sudah benar-benar terinstal dan sudah berhasil membuat project baru. Sekarang kita akan coba menjalankan project Laravel di localhost.

Menjalankan Project Laravel di Localhost

Untuk menjalankan project Laravel, kita juga perlu menggunakan Terminal. Namun sebelum itu kita perlu masuk ke folder project di Terminal. Caranya ketikkan perintah berikut:

cd c:\xampp\htdocs\blog

Masuk ke folder project Laravel

Kemudian ketikkan perintah berikut dan tekan Enter.

php artisan serve

Perintah artisan serve

Kemudian buka browser dan ketikkan alamat:

localhost:8000
Tampilan awal Laravel
Tampilan awal laravel

 

Jika muncul tampilan seperti atas, artinya kita sudah berhasil menjalankan Laravel secara offline di localhost kita.

Kemudian selanjutnya jika ingin mengakses project Laravel melalui browser, kita bisa mengaksesnya dengan alamat “localhost:8000“, tapi jangan lupa ketikkan perintah “php artisan serve” terlebih dahulu.

Kesimpulan

Belajar Laravel sangat menyenangkan, syntaxnya sangat ekspresif, fiturnya yang bisa dibilang lengkap, dan kemudahan dalam pembuatan view seperti adanya fitur template engine bernama Blade.

Namun sebelum belajar Laravel, sangat disarankan jika kamu sudah paham tentang pola MVC dan konsep OOP dalam PHP. Karena sebetulnya Laravel “agak susah” jika belum memahami basic PHP itu sendiri.

Nah begitulah cara instal laravel di Windows. Sangat mudah dan cepat kan? Selanjutnya kita akan mempelajari dasar-dasar Laravel dan akan coba membuat project dengan Laravel.

Tentang Martin Mulyo Syahidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *