Breaking News
Home / Pemrograman / Cara Install dan Menggunakan Composer di Windows

Cara Install dan Menggunakan Composer di Windows

Saat kita sedang membuat aplikasi menggunakan bahasa PHP, kita mungkin akan membutuhkan library-library di luar sana untuk dipakai dalam aplikasi kita. Kita bisa saja mendownload dan mengintegrasikan library tersebut secara manual, tapi untuk aplikasi yang cukup besar, hal ini mungkin akan cukup merepotkan. Daripada kita melakukannya secara manual, kita dapat menggunakan sebuah alat yang bernama Composer.

Apa itu Composer?

Composer adalah sebuah dependency manager pada bahasa pemrograman PHP. Composer memudahkan kita jika membutuhkan library dari luar dan ingin digunakan pada aplikasi kita. Dengan Composer, kita bisa mengunduh library dari packagist.org dan bisa langsung digunakan pada aplikasi kita dengan lebih mudah. Composer juga bisa membantu kita mengelola library tersebut, seperti autoload, update hingga pengaturan.

Dalam hal mendownload, Composer terhubung sebuah situs bernama packagist.org. Packagist.org adalah sebuah situs hosting atau penyimpanan library-library PHP yang dibuat oleh programmer-programmer dari seluruh dunia. Library disana bisa kita download dan kita gunakan dengan gratis. Kita juga bisa mengunggah dan membagikan library kita disana. Bisa dibilang, packagist.org adalah sosial media bagi para programmer.

Cara Install Composer di Windows

Sebelum kita menginstal dan menggunakan Composer, di komputer kita sudah harus terinstal PHP. Dalam hal ini kita bisa menggunakan aplikasi bernama XAMPP, karena di dalam XAMPP sudah terdapat juga paket PHP.

[Baca: Download dan Install XAMPP di Windows dan Cara Menggunakan XAMPP]

Setelah kita mempunyai XAMPP, silahkan download file installer Composer di website getcomposer.org, atau menggunakan tautan ini untuk mendownload Composer versi terbaru: https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe.

Website getcomposer.org

Setelah terdownload, silahkan buka file installernya untuk mulai menginstal. Proses installasi-nya sangat mudah sekali, tinggal klik-klik Next – Next saja. Tidak ada opsi-opsi yang membingungkan.

Menguji Installasi Composer

Setelah sukses terinstal, kita perlu mencoba apakah Composer kita sudah benar-benar terinstal atau belum. Caranya silahkan buka Command Prompt (tekan tombol Windows + R) kemudian tulisankan cmd dan klik OK.

CMD WindowsSetelah terbuka Command Prompt-nya, ketikkan composer -v untuk melihat versi Composer yang terinstal. Di artikel ini saya menggunakan Composer 1.9.1.
Melihat Versi Composer
Jika muncul tampilan seperti diatas, maka artinya Composer sudah sukses terinstal dan siap kita gunakan.

Menggunakan Composer

Setelah terinstal, kita akan coba menggunakan Composer. Untuk menggunakan Composer, kita harus mencari terlebih dahulu library yang akan kita impor di website packagist.org. Disini saya akan mengimpor library DOMPDF untuk project saya yang sudah ada sebelumnya.

Silahkan buka halaman library DOMPDF melalui tautan berikut: https://packagist.org/packages/dompdf/dompdf. Kemudian catat nama vendor, nama package dan versinya. Untuk library DOMPDF nama vendornya: dompdf. Nama package: dompdf. Untuk versinya kita gunakan saja: dev-master untuk menggunakan versi yang terbaru. Kita juga menentukan versi yang spesifik, misalnya versi 0.8.2.

Silahkan buka folder project kamu yang ada di folder htdocs, disini saya akan menggunakan library ini di project yang sedang saya buat, yaitu arsipdesa. Silahkan sesuaikan dengan project kamu. Setelah itu, buatlah file composer.json menggunakan text editor dan simpan di folder project kamu. Kemudian tuliskan kode JSON berikut:

{
    "require" : {
        "dompdf/dompdf" : "dev-master"
    }
}

Jangan lupa simpan file composer.json di folder project kamu, contohnya seperti berikut ini.

Simpan file composer.json di folder htdocs/arsipdesa
Setelah tersimpan, buka Command Prompt di komputer kamu. Pertama kita harus masuk ke folder project kita dengan perintah CD.
Setelah masuk, ketikkan perintah composer install untuk menjalankan Composer sesuai dengan perintah yang terdapat pada file composer.json diatas tadi. Silahkan lihat pada gambar berikut.
Perintah install Composer

Setelah itu tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah. Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

Package terinstal

Jika berhasil, maka di folder project kita akan ada folder baru dengan nama vendor yang berisi file-file Composer dan library-library yang kita instal menggunakan Composer.

Menggunakan Library Hasil Install Composer

Setelah library berhasil kita instal, kita bisa menggunakan library tersebut dengan lebih mudah. Kita hanya perlu meng-include file autoload.php pada kode program kita. Maka otomatis kita bisa menggunakan library-library yang sudah kita install. Berikut contoh penggunaannya.

<?php require 'vendor/autoload.php';

use Dompdf\Dompdf;
// instantiate and use the dompdf class
$dompdf = new Dompdf();
$dompdf->loadHtml('hello world');

// (Optional) Setup the paper size and orientation
$dompdf->setPaper('A4', 'landscape');

// Render the HTML as PDF
$dompdf->render();

// Output the generated PDF to Browser
$dompdf->stream();
Menggunakan Composer dan Command Prompt (atau Terminal) pada awalnya memang terasa ribet. Tapi sebenarnya malah akan sangat berguna dan memudahkan saat kita mulai membuat project yang membutuhkan kemampuan lebih. Sekian untuk posting ini, terima kasih!!

About Martin Mulyo Syahidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *