Cara Daftar dan Setting SMTP SendinBlue di Laravel

By | 10 Agustus 2021

Sendinblue.com merupakan salah satu layanan pemasaran email yang ditujukan untuk usaha tingkat menengah. Sendiblue memiliki fitur otomatisasi, manajemen pelanggan yang terintegrasi, dan layanan pembuatan template email. Harga yang ditawarkan Sendinblue juga menarik dan tidak akan menguras kantong.

Upps.. Tapi kita tidak akan menggunakan semua kemampuan Sendinblue dan membayar untuk layanan tersebut, kita hanya akan menggunakan Sendinblue sebagai layanan pengiriman email untuk aplikasi kita memanfaatkan server SMTP mereka, dan tentunya gratis.

Saya sudah mencoba berbagai layanan SMTP, seperti Sendgrid, Mailchimp, Mailjet dan Sendinblue. Dan diantara ke-empat layanan tersebut, saya memutuskan Sendgrid adalah yang terbaik, dan disusul oleh Sendinblue. Tapi, Sendgrid agak ribet dan Sendinblue lebih sederhana. Dan yang paling penting adalah harganya. Pada versi gratisnya, Sendgrid memberikan kuota pengiriman 100 email gratis, sedangkan Sendinblue mencapai 300. Perbedaan itulah yang membuat saya memutuskan untuk menggunakan Sendinblue.

Sebagai layanan pengiriman email yang menyediakan server SMTP dan API key, Sendinblue bisa digunakan di berbagai proyek, bahasa maupun framework. Dan di posting ini, kita akan mengkonfigurasi SMTP Sendinblue untuk digunakan di aplikasi Laravel.

Mendaftar di Sendinblue.com

Sebelum menggunakan layanan sendinblue, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Silahkan buka website sendinblue.com dan mendaftar menggunakan email dan password. Kemudian verifikasi email yang didaftarkan dengan mengklik link verifikasi yang dikirim ke email yang didaftarkan. Pendaftarannya sangat mudah dan tidak sampai 5 menit.

Setelah mendaftar, kita harus mendapatkan kredensial SMTP yang diberikan.

Mendapatkan Kredensial SMTP Sendinblue

Setelah berhasil mendaftar dan memverifikasi email, kita akan diarahkan ke halaman dasbor Sendinblue. Pada dasbor ini, kita bisa melakukan setting untuk kampanye periklanan, mengelola kontak, dan lain-lain. Tapi, jika akan digunakan sebagai pengirim email, kita hanya perlu mendapatkan API key atau kredensial SMTP-nya saja.

Pada halaman dasbor, klik dropdown di kanan atas dan pilih “SMTP & API” untuk melihat kredensial SMTP dan API key.

Selanjutnya, klik tombol “CREATE A NEW SMTP KEY” yang ada dibagian kanan. Selanjutnya, pada pop-up isi dengan nama SMTP yang akan dibuat.

Kemudian klik tombol GENERATE untuk membuat. Jika berhasil, akan menghasilkan tampilan seperti berikut.

Pada bagian ini, catat alamat server SMTP, port, login (email) dan master password. Data ini selanjutnya akan digunakan di aplikasi kita.

Setting SMTP Sendinblue di Laravel

Selanjutnya, silahkan buka file .env di project Laravel kamu. Pada baris ke-31 pada bagian mailer, isikan dengan data seperti berikut.

Pada bagian MAIL_USERNAME, isi dengan username (email) SMTP Sendinblue, pada bagian MAIL_PASSWORD, isi dengan password SMTP Sendinblue yang sebelumnya sudah dicatat. Sesuaikan juga MAIL_HOST dan MAIL_PORT nya.

MAIL_MAILER=smtp
MAIL_HOST=smtp-relay.sendinblue.com
MAIL_PORT=587
[email protected]
MAIL_PASSWORD=PASSWORD-SMTP
MAIL_ENCRYPTION=null
MAIL_FROM_ADDRESS="[email protected]"
MAIL_FROM_NAME="${APP_NAME}"

Pada bagian MAIL_FROM_ADDRESS bisa diisi dengan email bebas, baik email valid atau tidak. Email inilah yang akan digunakan sebagai identitas pengirim.

Sudah selesai. Sampai disini, seharusnya semua sudah siap. Kita sudah bisa mengirimkan email menggunakan layanan Sendinblue di Laravel.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *