Breaking News
Home / Palang Merah / 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional

7 Prinsip Palang Merah

Selamat pagi, sahabat! Hari ini tanggal berapa ya? Yup benar sekali, hari ini adalah tanggal 8 Mei. Tau nggak sih 8 Mei itu hari apa?

Bagi yang belum tahu ya, tanggal 8 Mei biasanya diperingati sebagai Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Hari peringatan ini diambil dari hari lahir pendirinya, yaitu bapak Jean Henry Dunant.

Kalau kamu belum tau tentang sejarah Palang Merah, silahkan baca artikel berikut ya: Sejarah Lahirnya Gerakan Palang Merah.

Kegiatan-kegiatan Palang Merah ada banyak sekali, mulai dari pertolongan medis saat perang, kegiatan kemanusiaan, hingga pertolongan pada saat terjadi bencana. Kegiatannya juga sudah tersebar hampir ke seluruh belahan bumi ini loh!

Nah, dalam melaksanakan setiap kegiatan, gerakan Palang Merah selalu berpegang kepada 7 Prinsip Dasar Gerakan. Apa sajakah Prinsip-prinsip tersebut? Berikut pembahasannya.

1. Kemanusiaan (Humanity)

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional didirikan berdasarkan keinginan memberi pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka di dalam pertempuran, mencegah dan mengatasi penderitaan sesama manusia. Palang Merah menumbuhkan saling pengertian, persahabatan, kerja sama, dan perdamaian abadi bagi sesama manusia.

Sebagai manusia, kita harus selalu membantu sesama kita. Bantuan itu bisa berupa tindakan preventif seperti penyuluhan atau pelatihan. Kita juga harus membantu jika terjadi sesuatu misalnya bencana. Apa kamu tega, saat ada orang lain yang kesusahan dan kamu tidak membantunya?

2. Kesamaan (Impartiality)

Gerakan tidak membuat perbedaan atas dasar kebangsaan, kesukuan, agama atau pandangan politik. Tujuannya semata-mata mengurangi penderitaan sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah.

Dalam melaksanakan kegiatan, kita tidak boleh membeda-bedakan orang lain, baik itu bangsanya, suku, agama, maupun pandangan politiknya. Intinya, kita harus menolong siapa saja.

3. Kenetralan (Neutrality)

Agar senantiasa mendapatkan kepercayaan dari semua pihak, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, kesukuan, agama atau ideologi.

Netral berarti tidak memihak. Kita harus menahan diri untuk tidak memihak siapapun dan jangan sampai terlibat dalam suatu pertentangan.

4. Kemandirian (Independence)

Gerakan ini bersifat mandiri. Perhimpunan nasional disamping membantu pemerintahnya dalam bidang kemanusiaan, juga harus menaati peraturan negaranya, harus selalu menjaga otonominya, sehingga dapat bertindak sejalan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.

Setiap perhimpunan harus mandiri dan tidak dicampuri oleh pemerintah. Meskipun begitu, kita harus tetap taat aturan ya.

5. Kesukarelaan (Voluntary Service)

Gerakan ini adalah gerakan pemberi bantuan sukarela, yang tidak didasari oleh keinginan untuk mencari keuntungan apapun.

Niat di dalam gerakan ini adalah kerelaan dan keikhlasan. Sebagai anggota gerakan, kita harus rela dan ikhlas dalam menjalankan tugas dan tidak boleh cari-cari untung.

6. Kesatuan (Unity)

Di dalam suatu negara, hanya ada satu perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah.

Jika dalam suatu negara sudah ada perhimpunan Palang Merah, maka tidak boleh lagi ada perhimpunan yang lain misalnya Bulan Sabit Merah. Tapi, setiap perhimpunan terbuka untuk semua orang dan dalam melaksanakan tugas harus bersatu (terkoordinir).

7. Kesemestaan (Universality)

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah adalah bersifat semesta. Setiap perhimpunan nasional mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menolong sesama manusia.

Kita harus memberikan pertolongan kepada siapa saja, bahkan kepada hewan sekalipun. Tidak boleh kita hanya menolong orang kita kenal saja, tetapi harus menolong orang.

Nah itu dia 7 Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Semoga bermanfaat!

About Martin Mulyo Syahidin

Check Also

Penyalahgunaan Lambang Gerakan Palang Merah

Penyalahgunaan lambang Gerakan Kepalangmerahan cukup banyak terjadi diberbagai negara. Alasannya bermacam-macam, misalnya orang yang menyalahgunakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *