Membuat Non-Root User di Server Ubuntu

By | 23 Desember 2022

Dalam sistem Linux, baik distro Ubuntu maupun distro lain, user root merupakan user dengan hak akses tertinggi. User root dapat melakukan apapun yang dikehendaki seperti menginstal aplikasi, mengupdate sistem, mengubah hak akses, mengubah konfigurasi firewal hinggal mengubah file sistem. Bisa dibilang, user root adalah pemilik dalam suatu sistem berbasis Linux.

Distro-distro Linux umumnya memiliki hanya satu user bawaan, begitu juga distro yang digunakan di server seperti Ubuntu, Debian dan sebagainya. Pada umumnya, server tidak hanya digunakan untuk menghosting satu aplikasi saja, atau hanya digunakan satu user (klien) saja, tetapi bisa saja lebih sesuai dengan kapasitas server. Memberikan akun root kepada user atau klien tentu bukan pilihan karena bisa saja disalahgunakan. Solusinya adalah membuat user non root di server kita.

Masuk ke server

Untuk memulai, silahkan akses server baik dengan SSH ataupun metode lain. Disini saya berasumsi kamu sudah bisa login atau akses ke server.

Membuat user baru

Setelah berhasil masuk ke server, jalankan perintah berikut untuk membuat user baru. Pastikan kamu sudah login sebagai root.

# adduser martinms

Tanda “#” merupakan penanda bahwa kita sedang login sebagai user root. Dan tidak perlu diketik saat akan menjalankan suatu perintah.

Silahkan ganti “martinms” dengan username yang akan dibuat. Setelah itu, kamu akan diminta memasukkan password, konfirmasi password, nama lengkap dan beberapa field lain. Yang wajib diisi hanya password dan konfirmasi password saja, selebihnya dapat dikosongkan.

Sampai disini sudah cukup. User baru sudah terbuat dan sudah bisa digunakan. Namun, user tersebut hanya memiliki hak akses regular dan tidak bisa melakukan perintah-perintah administratif seperti menginstal aplikasi, mengubah firewall dan sebagainya. Jika ingin suatu user dapat melakukan perintah-perintah administratif, kita perlu menambahkan user tersebut ke grup sudo.

Memasukkan user baru ke grup sudo

Sudo merupakan grup dimana user didalamnya dapat melakukan perintah-perintah administratif atau biasa disebut super user. Untuk menambahkan user ke grup sudo, jalankan perintah berikut.

# usermod -aG sudo martinms

Silahkan ubah “martinms” menjadi username user yang akan ditambahkan ke grup sudo.

Menguji

Setelah berhasil, kita bisa masuk menggunakan akun user yang sebelumnya sudah kita buat. Jalankan perintah berikut untuk beralih ke akun user.

# su - martinms

“su” merupakan perintah untuk beralih ke suatu super user. Jika berhasil, maka kita akan mengelola server dengan user “martinms” pada host “jurnalmms”.

Membuat Non-Root User di Server Ubuntu

Kesimpulan

Saat ini, jika ingin menggunakan user “martinms”, kita harus login ke server menggunakan akun root kemudian menggunakan perintah “su – martinms” untuk beralih user. Tetapi cara ini kurang efisien. Solusinya kita menambah kredensial SSH untuk user yang sudah kita buat sehingga bisa login secara langsung menggunakan SSH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *